Cara Cepat Translate Subtitle Film Inggris Ke Bahasa Indonesia

Cara cepat dan mudah untuk merubah bahasa subtitle film inggris ke indonesia - Menonton film adalah cara terbaik untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan stress. Namun jika subtitle filmnya berbahasa inggris, anda malah akan semakin stress, hanya bercanda bro. Jika anda sudah lelah tidak bisa menemukan subtitle indonesia untuk film yang akan anda tonton, maka cara ini sangat penting untuk anda ketahui.

Info: ini adalah cara yang terbilang paling mudah, karena tidak menggunakan bantuan software dan cepat untuk mengganti atau menerjemahkan bahasa subtitle film inggris ke indonesia dalam hitungan menit. Bahkan bisa sampai hitungan detik, jika kecepatan pc dan internet anda diatas rata-rata. Dan cara ini secara tidak langsung mengajarkan kepada anda bagaimana untuk menjadi fansub

menerjemahkan bahasa subtitle

Cukup menguntungkan bukan jika memakai trik ini? saya akan membuat penjelasannya simple, agar anda tidak bingung dalam memahaminya.

1.Masuk ke my computer atau my document, sama saja. Klik menu tools, lalu pilih Folder Options. Klik tab View 1x, hilangkan centang pada "Hide extensions for known file types". Selanjutnya Apply dan Ok.
2.Rubah nama srt menjadi txt di file subtitle yang dimaksud
contoh: videolucu.srt 
menjadi: videolucu.txt 
3.Konfirmasi perubahan format file dengan memilih "Yes"
4.Buka Google Translate, dan pengaturannya Dari:Inggris Ke:Bahasa Indonesia
5.Klik link terjemahkan dokumen, dibawah kolom translate
6.Browse, pilih file subtitle tadi yang sudah dirubah menjadi txt, lalu Open
7.Klik Terjemahkan
8.Setelah itu anda akan dibawa ke tab baru, selanjutnya copy semua tulisan yang ada. Kecuali yang paling atas tulisannya besar dan diberi Bold
9.Buka subtitle tadi, otomatis berada di notepad. Hapus semua kodenya, dengan menekan Ctrl+A, lalu delete. Kemudian ganti dengan tulisan tadi yang sudah di translate
10.Edit dulu bahasanya, karena pasti ada yang ngawur. Tapi kalau malas, ya jangan. Biarkan saja begitu
11.Tekan Ctrl+H pada keyboard, isi kolom
Find what: ->
Replace with: -->

replace word on notepad

12.Replace All
13.Tunggu sejenak, bila proses telah selesai klik File & Save. Atau Ctrl+S
14.Tutup notepad, dan rubah lagi nama subtitlenya seperti semula. Dari txt menjadi srt. Setelah itu Yes
15.Kembalikan settingan nomer 1 seperti semula
16.Play film, munculkan subtitlenya and enjoy watching

Bila anda mengikuti semua instruksi diatas dengan benar, maka saya jamin akan berhasil.
Update 2 september 2013
Bingung dengan tutorial diatas? ingin cara yang lebih sederhana?
  • Klik kanan pada file subtitle
  • Pilih Open With > Notepad
  • Tekan Ctrl+A untuk mengcopy semua kodenya
  • Paste di google translate, setelah itu terjemahkan
  • Copy hasil translate ke file subtitle yang telah dibuka dengan notepad tadi
  • Lakukan langkah no.11, 12 dan 13
Masih gagal? coba ganti -> pada find what menjadi - > (strip[spasi]tanda panah). Tulisan yang berada dalam tanda kurung, itu untuk menjelaskan pergantiannya, jangan sampai tercopy.
Full Version

55 comments

thx u gan, manteppp.., matur nuwunnn sangett kieeehh.."

Kok gak ada menu Tools , Gue pake Windows 7 Ultimate kok gak ada ?

kalau gak tau letak toolsnya, lewati saja no.1

no 2 tu mksdnya gmna bro? :v

kok pas di terjemahin,jadi gini mas >>Translated version of

gak ngerti :D

kok jadi gitu? mungkin ada yang terlewat step-nya :D

kok proses terjemahannya di tab baru lama sekali mas

Gilee keren abis. Gue coba nanti deh. Ntar kalo ada kesulitan. Gue repotin elo yeh. Hehe makasih postingannya.

tenang saja, saya senang kok direpotin orang lain xD

dipelajari dahulu dengan teliti, jangan dilewatkan stepnya :)

gan format .srt letaknya dimana, difolder apa

di file subtitle, ikuti langkah no.1 terlebih dahulu, entar bakal keliatan di akhir nama :)

kok setelah txt diubah menjadi srt terjemahan malah enggak ada, yang muncul di film malah waktunya?

gan , tadi gua udah coba step by step eh pas udah semua sewaktu lagi nonton yang keluar malah timing subtitle nya bukan hasil translate.
Mohon pencerahannya :)

perhatikan no.11, siapa tahu terlewatkan :)

Sebelum diubah menjadi SRT, ikuti no.11 dijamin bisa :)

gan klo,, video ny di youtube gmana caranya ubah bahasanya ke sub indo..
apakah harus di Donwload dahulu ?

Kalau videonya hardsub, bakalan tidak bisa. Karena subtitle sudah menyatu dengan video.

Cari menu yang ada pilihan Folder Options.

panjang amet sich caranya ,,

tpi sudahlah ,, aku nggk pake window xp ,, tpi windows 7 ,,

klo ada cara untuk windows 7 ,, tolong di postingkan yha gan,,

mas admin...
yang dihapus itu cuma kodenya aja

Baca no.9 dengan teliti, karena kodenya akan diganti dengan hasil translate.

lw nda tw, klik organize>folder and search option n ikuti lagi cara d atas...

@Steruka Harajuku: Keseluruhan tutorial hampir sama dengan windows 7, mungkin hide extensions saja yang beda. Organize > Folder and Search Option, seperti kata Petra.

Menggunakan tool Subtitle Edit lebih mudah dan cepat dan gratis lagi...

keren triknya sob ,,mksh sudah berbagi

file subtitle nya kok gak bisa diubah?????

Semua sudah diikuti step by step tapi muncul Eror "Syntax error at line 3673!" Mohon Pencerahan !!!???

Saya yakin kesalahannya pada saat anda mengcopy kode di kolom google translate. Apakah ada yang terlewatkan, atau malah kelebihan? karena link yang berada di google translate ikut terbawa. Atau bisa jadi pada si pembuat subtitlenya, sehingga menyebabkan kesalahan Syntax error.
Solusi alternatif: ganti dengan subtitle lain, setelah itu ulangi lagi langkah diatas.

mas kok translete nya gak free mas

Masa tidak Free? 'kan itu Google Translate.

mas kalo pake windows 8 gimana...?

gan kalau yang tidak pakai teks gimana tapi video itu bicara bahasa inggris gimana caranya gan,,

@Huzairi Blade: Ya tidak bisa lah, ini 'kan untuk subtitle bro.

mantaaaab ...work 100%
cuma sekedar saran .. waktu mangganti tanda ( --> ) copy dari srt aslinya saja... kalau manual ga bisa jalan sub nya...
ga tahu kenapa tapi work buat saya ...
tanks Minato Hienzo :))

Secara manual diketik dan copy dari subtitlenya masih sama-sama work kok :)

gan nyari nama yang buat di gantinya dimana yach contoh
vidiolucu.srt nah ini nyarinya di vidionya atau di mananya....?
minta penjelasaannya dong

Download file subtitlenya dulu.

wah sangat membantu .. , terima kasih banyak (y)

gan download file subtitlenya simana

kok subtitlenya ga kebaca ya waktu play video?
nama file sub dan nama vidnya udh sama

Putar videonya dengan gom player atau media player classic, klik menu file lalu load subtitle.

- Kotak komentar ini terbuka lebar bagi siapa saja. Tapi ingat, jangan ada unsur negatif dan kata tidak boleh disingkat. Harus baku, agar saya bisa memahaminya.
- Komentar yang mengandung link aktif akan langsung dihapus.